Sahkah Puasa Bagi Orang yang Masih Pacaran di Bulan Ramadan? Berikut Penjelasan Jawabannya 3

Sahkah Puasa Bagi Orang yang Masih Pacaran di Bulan Ramadan? Berikut Penjelasan Jawabannya

Allah SWT berfirman, “Janganlah kalian mendekati zina, karena zina adalah perbuatan keji dan jalan yang buruk.” (QS Al Isra: 32)
Maksiat saat Puasa
Memahami hal ini, maka sejatinya pacaran adalah perbuatan maksiat.

Sementara maksiat yang dilakukan seseorang, bisa menghapus pahala amal shaleh yang pernah dia kerjakan, tak terkecuali puasa yang sedang dijalani.
Dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,  “Barangsiapa yang tidak meninggalkan perkataan dusta malah mengamalkannya, maka Allah tidak butuh dari rasa lapar dan haus yang dia tahan.” (HR.Bukhari nomor 1903).
Mengingat betapa bahayanya dosa bagi orang yang berpuasa, sejak masa silam para ulama telah menasehatkan agar kaum muslimin serius dalam menjalan puasa, dengan berusaha mengekang diri dari maksiat.

Jabir bin ‘Abdillah radhiyallahu ‘anhu berkata, “Ketika engkau berpuasa maka hendaknya pendengaran, penglihatan dan lisanmu turut berpuasa, yaitu menahan diri dari dusta dan segala perbuatan haram serta janganlah engkau menyakiti tetanggamu. Bersikap tenang dan berwibawa di hari puasamu. Janganlah kamu jadikan hari puasamu dan hari tidak berpuasamu sama saja.” (Latho’if Al Ma’arif, 277).

close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==